STRAIGHT NEWS

Straight News merupakan salah satu jenis berita. Sedangkan berita sendiri merupakan produk dari jurnalistik. Straight News atu sering juga disebut sebagai berita langsung merupakan bentuk penulisan berita yang paling sederhana. Mengapa ? karena berita ini hanya menyajikan unsure 5 W (What, Who, When, Where, Why), jika dalam sebuah berita hanya mengandung unsure tersebut maka berita itu disebut juga sebagai berita straight news.

Readers, bukan berarti straight news menghilangkan unsure how loh !. karena bentuk penyajian dari straight news ini sudah diatur sedemikian rupa, agar khalayak bisa tahu apa isi pesan yang ingin disampaikan dari berita tersebut. Pola penulisan straight news biasa digunakan oleh media-media massa yang terbit secara harian. Contoh lebih tepatnya Surat Pembaca Harian seperti Kompas, Pikiran Rakyat dan masih banyak lagi.

Tidak semua berita bisa dibuat dengan penulisan Straight New, hanya berita tertentu saja yang bisa menjadi sebuah berita yang disebut sebagai Straight News. Dibawah ini beberapa fakta yang bisa ditulis dengan bentuk straight news, simak dengan baik readers :

1.     Informasi/berita tentang peridtiwa dan bukan fenomena ataupun kasus. Artinya kejadian hanya sekali itu saja terjadi. Bukan kejadian yang terjadi secara berkelanjutan. Contohnya kecelakaan lalu lintas, kejahatan, pergantian penjabat Negara, dsb.
2.    Informasi/berita itu penting untuk segera diketahui khalayak.
3.    Baru (Aktual)

Nah itu dia tadi beberapa fakta dari sebuah informasi yang bisa ditulis dengan bentuk Straight News readers. Dalam penulisan Straight News ternyata harus dengan jelas memperhatikan tentang kebaruan sebuah informasi yah. Jangan sampai salah lagi ya readers.
Sekarang waktunya readers harus tau nih apa aja sih karakteristik dari Straight News, penting loh buat kamu seorang Jurnalistik buat tau lebih jauh tentang Straight News. Baca baik-baik yah.

1.     Menggunakan Struktur Piramida Terbalik
Artinya teras berita (lead) berupa ringkasan dari lead, unsure berita apa, siapa, dimana, dan kapan diletakkan didalam lead. Sedangkan unsure bagimana dan mengapa ditaruh dalam tubuh berita. Dan jika perlu tambahkan beberapa fakta-fakta yang semakin memperkuat berita tersebut.
2.    Deskripsinya harus lugas, isinya mejelaskan fakta yang perlu untuk kejelasan berita. Agr pembaca lebih percaya sama beritanya readers.
3.    Irama atau lenggang cerita terkesn terburu-buru.


Untuk lebih jelasnya penulis kasih readers contoh Straight News. 

AKIBAT MENYALIP, PELAJAR TEWAS TERLINDAS BUS


KECELAKAAN - Pelajar sekaligus pengendara sepeda motor tewas seketika setelah terlindas Bus Damri. Kejadian terjadi di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Senin (7/12/2015). (Narita)

BANDUNG, BERITA RAKYAT – Nendi Supardi (17) siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Bandung, tewas seketika setelah terjatuh dari sepeda motor dan terlindas bus, di depan Halte Riung Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Cinambo, Bandung, Senin (7/12/2015) pukul 09.05 WIB.

“Kejadian berawal saat Bus Damri melaju dari barat ke timur melaju di jalur lambat lajur sebelah kiri dan korban menyalip melalui sebelah kanan,” ujan Kasubag Humas Polrestabes Bandung, Kompol Renny yang diwawancara di tempat kejadian.

Renny mengatakan, korban ingin menyalip melalui sebelah kanan, tapi pada saat yang bersamaan datang sepeda motor lainnya dengan kecepatan tinggi dan menyenggol motor korban.


Korban yang mengendarai motor Honda berplat nomor D 3757 VBH ini oleng kea rah kiri, terjatuh dan korban masuk ke kolong Bus Damri. Korban meninggal dunia di lokasi kejadian. Pengendara motor yang menyenggol korban, melarikan diri.



Sumber :
Sumadiria, Haris . Jurnalistik Indonesia, Simbiosa Rekatama Media : 2014

3 komentar:



Unknown mengatakan...

terimakasih kak, banyak membantu ;)

aritmatika mengatakan...

terimkasih ulasannya. sangat membantu

Sulis Septy mengatakan...

Kak kalau mau menulis sumber berita dari mana ya kak itu?

Posting Komentar