Makalah Konvergensi Media


MAKALAH CYBER MEDIA
'Konvergensi Media'


Disusun Oleh - Kelas D
Narita Rosiana Dea 
(132050299) 











PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PASUNDAN
2015







BAB I
PENDAHULUAN

       1
1.1 Pengertian Media
     Di era modern ini siapa yang tak mengenal media. Media sendiri mempunya pengertian   yaitu segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Media sendiri kini sering digunakan untuk berbagai aktivitas. Bahkan media juga menjadi sarana mata pencaharian bagi mereka yang bekerja sebagai reporter, wartawan, presenter dan lain-lain. Hal ini membuktikan bahwa media sudah tidak asing lagi bagi kehidupan manusia di era modern seperti sekarang ini. 

1.2 Pengertian Media Menurut Para Ahli
      •  Menurut Schram : Media adalah sebuah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.  
      • Menurut Gagne   : Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.    
      • Menurut Miarso   :  Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar. 
      • ·Menurut Syaiful Bahri Djamarah : media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.

             1.3 Jenis-jenis Media  
                      

                       Media dikelompokan atas 3 bentuk, yakni :
  • Media Visual : Media Visual merupakan media yang bisa terlihat, terbaca dan teraba. Media visual ialah media yang mengandalkan penglihatan manusia. Dan biasanya media visual ini memfokuskan kepada gambar.
  •  Media Audio : Media Audio merupakan media yang hanya bisa dirasakan dengan pendengaran. Karena media audio cenderung lebih menekankan kepada aspek suara, bunyi atau musik.
  • Media AudioVisual : Media AudioVisual merupakan gabungan dari media visual dan media audio. Jadi media yang memperlihatkan sebuah gambar dengan digabungkan dengan suara-suara. Seperti iklan, film, animasi dan lain-lain.





BAB II
PEMBAHASAN

             2.1 Sejarah Konvergensi Media



-   Teknologi Konvergensi dimulai sejak ditemukannya sistem jaringan internet pada  tahun 1960-1990. (Burhan Bungin)
-         Era Konvergensi sudah dimulai sejak internet diperkenalkan pada tahun 1982 dan dipopulerkan oleh Negroponte sehingga muncul istilah multimedia.
-         Munculnya jaringan internet telah membuat media massa tradisional memasuki fasse baru yang disebut era media konvergensi.
-         Era Konvergensi membawa kemudahan akses media massa.
-         Konvergensi media tidak hanya memperkaya informasi yang disajikan, tetapi juga memberikan pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi yang sesuai dengan selera mereka.
-         Konvergensi media memberikan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi, baik yang bersifat, visual, audio, data dan sebagainya (Preston:2001).
-         Konvergensi mendorong orang untuk berbuat apa saja yang dinamakan kebebasan dan persamaan (Liberting and Emncipatory).


2.2 Pengertian Konvergensi Media

             Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu Convergence, dapat diartikan sebagai dua benda atau lebih yang bertemu/bersatu di satu titik, pemusatan pandangan ke suatu tampat yang amat dekat. Secara umum, konvergensi media merupakan penyatuan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta informasi (Information and Communication Technology and Service/ICTS) dalam satu media. Konvergensi media meruntuhkan berbagai pola komunikasi massa yang ada sebelumnya.  

2.3 Konvergensi Media Di Era Cyberspace

-        Cyberspace telah memberikan peluang baru kepada masyarakat dan budayanya melalui komunikasi tanpa batas.
-     Cyberspace mengintegrasikan sejumlah kempauan (Sensor, sinyal,koneksi, transmisi, prosesor, dan kontrol) serta menghasilkan interaksi virtual berupa pengalaman ang dapat diakses untuk tujuan komunikasi tanpa batas.
-         Munculnya trend media online
-         Munculnya Ctizen Journalism (ME Media dan WE Media)
-     Munculnya Komunitas maya (FB, TWITTER, WA, INSTAGRAM DLL)

2.4 Konvergensi Merubah Sifat Manusia 
           Nyatanya setiap hal yang baru muncul ataupun hal baru yang diikuti oleh setiap manusia menimbulkan dampak perubahan pada kelompok manusia ataupun efek pada individu dalam menyikapi kemunculan hal baru tersebut diantaranya konvergensi media.  
 
·         Media perbitan bertambah fungsi dengan media penyiaran, dan media penyiaran bertambah fungsi menjadi media penerbitan. Contoh Pikiran Rakyat dari radio bisa membuat percetakan Koran Pikiran Rakyat dan membuat web Pikiran Rakyat Online.
·         Tidak dikenal adanya pembatasan kreatifitas media sehingga berita apapun hasil kerja jurnalis bisa dimunculkan melalui media konvergensi. Contoh Journalis Citizen
·         Audiens dapat menjadi partner dalam membuat isi media. Contoh Mengirim cerpen, penulis novel dll
·         Media saat ini bersaing dengan audiens, karena audiens bisa membuat sebuah publikasi sendiri. Contoh media online, media sosial dan blog
·         Periklanan/pendapatan media model lama akan berubah. Misalnya dari iklam kolom atau durasi menjadi iklan paper click.
·         Arsip menjadi lebih bernilai. Dimana saat ini dunia maya dapat membuka arsip-arsip lebih mudah.
·         Intensifnya pengguna mesin pencari. Kepekaan mesin pencari dalam mencari kata menyebabkan proses pencarian menjadi sangat detail.
·         Isi berita yang diedit menjadi biasa. Fungsi gatekeeper diambil oleh khalayak, bersifat pribadi sehingga informasi yang diterima antara seseorang dengan orang lainnya bisa sangat berbeda.
·         Siklus berita tidak muncul, informasi menjadi spontan.
·         Khalayak lebih banyak mempunyai pilihan media.



BAB III
PENUTUP

           3.1 Kesimpulan
                
   Dari makalh yang penulis diatas untuk memberikan gambaran kepada pembaca dan          pengunjung laman ini mengenai pengertian dari konvergensi media. Dengan makalah ini pembaca bisa membedakan mengenai konvergensi media, dengan pengertian media-media yang lainnya. Konvergensi Media sendiri memiliki pengertian sederhana yaitu gabungan dari setiap media-media yang ada dan dijadikan menjadi satu fungsi sebagai media informsi. Konvergensi Media pun dapat merubah sikap masyarakat sendiri seperti yang telah dijelaskan penulis.      
 
Sumber :
 

0 komentar:



Posting Komentar